Terima Kasih sudah mengunjungi blog PARSA AGAM, kritik dan saran sangat kami harapkan demi sempurnanya blog ini

Senin, 18 Juli 2011

SITUS & BCB KEC. TANJUNG MUTIARA

TOPAH ATAU TAUFAH
Topah memiliki nama lain yang dikenal sebagai ”kitab kuning” merupakan sebuah kitab yang disimpan di rumah Keluarga Sidi Rosman Rang Kayo Bungsu (73 tahun), di jalan Raya Tiku-Manggopoh. Topah diyakini oleh masyarakat sebagai kitab keramat.

GOBAH

Gobah merupakan komplek pekuburan bagi pemimpin Islam tempo dulu yang terletak di tepi pantai Tiku. Gobah tersebut diberi atap dan dinding. Namun kondisi gobah dalam keadaan kurang terawat, terlihat dari kondisi atap dan dinding yang mulai lapuk dan rumput-rumput liar yang dibiarkan tumbuh disekeliling Gobah. Disamping Gobah terdapat mesjid yang dikenal dengan mesjid gobah dan masih berfungsi sebagai tempat beribadah bagi umat Islam disekitarnya..
Di dalam Gobah tersebut terdapat 3 buah makam yaitu makam Syekh Abdullah dan dua murid Beliau yaitu Syekh Jabar dan Syek Lazim. Menurut Labai Muis (cucu Syekh Abdullah, 78 tahun, suku Jambak), ketiga orang tersebut yang mengmbangkan ajaran Islam di Tiku. Murid – murid mereka bersal dari berbagai daerah di Minangkabau seperti Kamang, Bukittinggi, sasak, Aia Bangih dan daerah-daerah lain.
Saat ini, Komplek Gobah dijadikan oleh para pengikut/muridnya sebagai tempat untuk melakukan ziarah sesuai dengan nazar mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar